Sunday, October 22, 2017

Jenis-jenis petikemas



Menurut Suyono,R.P (2007 : 266) jenis jenis petikemas antara lain :
a.       General Cargo
General cargo container adalah petikemas yang dipakai untuk mengangkut muatan umum (general cargo). Petikemas yang termasuk dalam general cargo adalah :
1)      General Purpose Container
Petikemas inilah yang biasanya dipakai untuk mengangkut muatan umum (general cargo).
2)      Open-side container
Petikemas yang bagian sampingnya dapat dibuka untuk memasukkan dan mengeluarkan barang yang karena ukurannya atau beratnya lebih mudah dimasukkan atau dikeluarkan melalui samping.
3)      Open-top container
Petikemas yang bagian atasnya dapat dibuka agar barang dapat dimasukkan atau dikeluarkan lewat atas. Tipe petikemas ini diperlukan unruk mengangkut barang berat yang hanya dapat dimasukkan lewat atas dengan menggunakan derek (crane).
4)      Ventilated container
petikemas yang mempunyai ventilasi agar terjadi sirkulasi udara dalam petikemas yang diperlukan oleh muatan tertentu, khususnya muatan yang mengandung kadar air tinggi
b.      Thermal
Thermal container adalah petikemas yang dilengkapi dengan pengatur suhu untuk muatan tertentu. Petikemas yang termasuk kelompok thermal adalah ;
1)      Insulated container
Petikemas yang bagian dinding dalamnya diberi isolasi mesin pendingin untuk mendinginkan udara didalam tidak merembes keluar.
2)      Reefer Container
Petikemas yang dilengkapi dengan mesin pendingin untuk mendinginkan udara dalam petikemas sesuai dengan suhu yang diperlukan bagi barang yang mudah busuk, seperti sayuran, daging, atau buah-buahan.
3)      Heated Container
Petikemas yang dilengkapi dengan mesin pemanas agar udara dalam petikemas dapat diatur pada suhu panas yang diinginkan.
c.       Tank
Tank container adalah tangki yang ditempatkan dalam rangka petikemas yang dipergunakan untuk muatan cair (bulk liquid) maupun gas (bulk gas)
d.        Dry Bulk
Dry bulk container adalah general purpose container yang dipergunakan khusus untuk mengangkut muatan curah (bulk cargo) Untuk memasukkan atau mengeluarkan muatan tidak melalui pitnu depan seperti biasanya, tetapi melalui lubang dibagian atas untuk memasukkan dan mengeluarkan muatan (grafity discharge). Lubang atas juga dapat dipergunakan untuk membongkar muatan dengan cara dihisap (pressure discharge).
e.         Platfrom container
Platfrom container  adalah petikemas yang terdiri dari lantai dasar. Petikemas yang termasuk jenis ini adalah:
1)      Flat rak container
Flat rack container adalah petikemas yang terdiri dari lantai dasar dengan dinding pada ujungnya. Flat rack dapat dibagi dua, yakni:
a)      Fixed end type : dinding (stanchion) pada ujungnya tidak dapat dibuka atau dilipat.
b)      Collapsible type : dinding ( stanchion ) pada ujungnya dapat dilipat, agar menghemat ruangan saat diangkut dalam keadaan kosong.
2)      Platfrom based container
Platfrom based container atau disebut juga artificial tween deck adalah petikemas yang hanya terdiri dari lantai dasar saja dan, apabila diperlulukan, dapat dipasang dinding. Platfrom based / flat rack biasanya digunakan untuk muatan yang mempunyai lebar atau tingi melebihi ukuran petikemas yang standar.
f.       Specials
Specials container adalah petikemas yang khusus dibuat untuk muatan tertentu, seperti petikemas untuk muatan ternak (catle container) atau muatan kendaraan (car container).

No comments:

Post a Comment