Friday, July 13, 2018

Proposal Aktivitas Bongkar Muat General Cargo



PROPOSAL
PRAKTEK DARAT
AKTIVITAS BONGKAR MUAT GENERAL CARGO
OLEH PERUSAHAAN BONGKAR MUAT PT. X
DI PELABUHAN KARIANGAU BALIKPAPAN

DISUSUN OLEH :

NAMA            : ALFIN DWI CAHYANI
NRP                : 2141933
JURUSAN      : KETATALAKSANAAN PELAYARAN NIAGA DAN
KEPELABUHAN

‘AKADEMI KETATALAKSANAAN PELAYARAN NIAGA’
(BAHTERA)
JL.BANTUL KM 3 DUKUH MJ 1221 YOGYAKARTA KODE POS 55142
TELP/FAX (0274) 381489, 414515
2016






HALAMAN PERSETUJUAN
PROPOSAL PRAKTEK KERJA


1.      Judul                                 :  Aktivitas Pelayanan Jasa Freight Forwarder Oleh PT. X di Semarang Jawa Tengah       
2.      Diajukan oleh     
2.1.      Nama                        :  ALFIN DWI CAHYANI
2.2.      NRP                         :  2141933
2.3.      Tempat/Tgl Lahir     :  Jember, 30 Agustus 1996
2.4.      Jurusan                     :  Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga
2.5.      Angkatan                 :  2014/2015
2.6.      Alamat                     :  Jl. Rembangan, RT 03/RW 05 Baratan, Patrang,Jember
3.      Dosen Pembimbing         :  Sumarwanto, SE
                                                                                    Yogyakarta, 02 Agustus 2016
                                                                                    Penyusun,


                                                                                    Alfin Dwi Cahyani
                                                                                    NRP: 2141933
Menyetujui
Dosen Pembimbing



Sumarwanto,SE
                                                                                     

Mengetahui
Direktur AKPN BAHTERA Yogyakarta



                                               Evada Rustina,SE,MM



KATA PENGANTAR


Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji serta syukur yang senantiasa hanya milik Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga Alhamdulillah penyusun dapat menyelesaikan Proposal Praktek Kerja ini sesuai dengan target waktu yang telah direncanakan. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW.
Adapun judul dari Proposal Praktek Kerja ini adalah “AKTIVITAS BONGKAR MUAT GENERAL CARGO OLEH PERUSAHAAN BONGKAR MUAT PT. X DI PELABUHAN KARIANGAU BALIKPAPAN”.
Maksud dan tujuan dari Proposal Praktek Kerja ini adalah sebagai acuan bagi penyusun di dalam Praktek Kerja di lapangan nanti dan juga sebagai langkah awal untuk memadukan ilmu yang didapat selama kegiatan perkuliahan dengan kenyataan yang terjadi di lapangan, selain itu juga merupakan salah satu persyaratan kelulusan program studi Diploma III, pada Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga.
Dalam penyusunan Proposal Praktek ini penyusun menyadari bahwa, masih banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penyusun memerlukan masukan  yang bersifat membangun demi kesempurnaan proposal ini.
Akhirnya dengan selesainya penyusunan Proposal Praktek Kerja ini penyusun berharap dapat bermanfaat, khususnya bagi diri penyusun sendiri dan umumnya bagi para pembaca.
            Yogyakarta,    Februari 2013
             Penyusun
DAFTAR ISI
                                                                                                            Halaman
HALAMAN JUDUL.................................................................................. i
HALAMAN PERSETUJUAN .................................................................. ii
KATA PENGANTAR ............................................................................... iii
DAFTAR ISI .............................................................................................. v
1.    JUDUL PROPOSAL PRAKTEK KERJA ........................................... 1
2.    PENEGASAN ARTI JUDUL .............................................................. 1
3.    ALASAN PEMILIHAN JUDUL ......................................................... 2
4.    LATAR BELAKANG MASALAH ..................................................... 3
5.    RUMUSAN MASALAH ...................................................................... 4
6.    TUJUAN PENYUSUNAN LAPORAN PRAKTEK KERJA ............. 4
7.    MANFAAT PENYUSUNAN LAPORAN PRAKTEK KERJA                      5
8.    TINJUAN TEORITIS ........................................................................... 6
9.    METODOLOGI PENELITIAN............................................................ 21
10.  SISTEMATIKA LAPORAN  PRAKTEK KERJA ............................. 24
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................ 26
RENCANA JADWAL KEGIATAN......................................................... 27




1.      JUDUL PROPOSAL PRAKTEK KERJA
AKTIVITAS BONGKAR MUAT GENERAL CARGO OLEH PERUSAHAAN BONGKAR MUAT PT. “X” DI PELABUHAN KARIANGAU BALIKPAPAN

2.      PENEGASAN ARTI JUDUL
Untuk memperjelas maksud dari judul proposal praktek kerja yang tersebut di atas, berikut beberapa pengertian kata dan istilah dari beberapa sumber yang dapat dipakai sebagai dasar pemikiran :
2.1 Aktivitas
Adalah kegiatan seseorang atau suatu lembaga dalam rangka melaksanakan kewajiban sesuai dengan petunjuk yang diberikan dalam mencapai tujuan. (Anton M. Muliono, 1990:17)
2.2 Bongkar
Adalah kegiatan membongkar barang dari kapal ke dermaga, tongkang dengan menggunakan Derek kapal atau yang lain. (Herry Gianto dan Arso Martopo, 1990 : 30)
2.3 Muat
Adalah kegiatan memuat barang ke kapal dari dermaga, tongkang dengan menggunakan derek kapal atau yang lain. (Herry Gianto dan Arso Martopo, 1990 : 30)
2.4 General Cargo
Muatan yang dimuat di suatu kapal dalam jenis dan bentuk pembungkus yang bermacam-macam seperti peti-peti sabun, drum-drum, minyak kaleng, besi beton, serta gula dalam karung (Subandi, 1998 : 68)
2.5  Perusahaan Bongkar Muat
Adalah menurut keputusan Menteri Perhubungan NO. KM 14 tahun 2002 yang dimaksud dengan perusahaan bongkar muat yaitu Badan Hukum Indonesia yang khusus didirikan untuk menyelenggarakan dan mengusahakan kegiatan bongkar muat barang dari dan ke kapal. (Suyono, 2005 : 305)
2.6 Pelabuhan
Adalah tempat yang terdiri dari daratan dan perairan di sekitarnya dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintah dan kegiatan ekonomi yang dipergunakan sebagai tempat kapal sandar, berlabuh, naik turun penumpang dan bongkar muat barang yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat intra dan antar moda transportasi. (Suyono, 2005 : 1)
Jadi, dengan demikian maksud dari judul di atas adalah tahap-tahap kegiatan untuk membongkar barang dari kapal ke dermaga, tongkang dan atau dari dermaga, tongkang ke kapal dengan menggunakan derek kapal atau alat yang lain terhadap berbagai macam barang seperti peti-peti sabun, drum-drum, besi beton dan barang-barang dalam karung yang dilaksanakan oleh Perusahaan Bongkar Muat PT. “X” di Pelabuhan Kariangau, Balikpapan, Kalimantan Timur.

3. ALASAN PEMILIHAN JUDUL
3.1 Alasan Ilmiah
Penyusun ingin melihat secara langsung aktivitas/kegiatan bongkar muat general cargo dari dan ke kapal di Pelabuhan Kariangau Balikpapan. Kemudian penyusun ingin menerapkan ilmu yang didapat dari kampus ke dunia kerja yang sesungguhnya.
3.2 Alasan Praktis
Penyusun berpendapat bahwa setiap muatan yang akan dibongkar/dimuat perlu penanganan yang baik, sehingga harus diatur dalam pemuatan dan pembongkarannya agar tidak terjadi penumpukan barang yang tidak sesuai di dalam palka yang dapat mengakibatkan ketidak seimbangan kapal sehingga dapat menimbulkan kecelakaan di laut.
3.3 Alasan Lain-lain
Penyusun berharap dapat menambah wawasan bagi pembaca pada umumnya serta menambah wawasan bagi penyusun pada khususnya dalam aktivitas bongkar muat general cargo oleh Perusahaan Bongkar Muat PT. “X” di Pelabuhan Kariangau Balikpapan.

4. LATAR BELAKANG MASALAH
Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi terutama dalam masalah perniagaan dimana kegiatan tersebut semakin meningkat dan berkembang pesat yang tidak mungkin lepas lagi dari penggunaan sektor transportasi yang mencakup bidang angkutan laut, dalam perdagangan antar pulau dan antar Negara tidak lepas dari alat angkut transportasi laut sebagai penunjang kelancaran perniagaan untuk mengantar barang ke konsumen. Sehubungan dengan perlu adanya sarana dan alat angkut yang digunakan untuk mengirim barang antar pulau dan antar Negara adalah dengan menggunakan alat transportasi laut yang lebih efisiensi dan biayanya lebih murah bila untuk pengangkutan pengangkutan dalam jumlah besar.
Dalam angkutan laut tidak terlepas dari adanya proses bongkar muat di kapal yang dilakukan oleh pihak perusahaan bongkar muat. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun 2002 pasal 2 ayat 1 tentang penyelenggaraan perusahaan bongkar muat barang dari dan ke kapal. Dan kegiatan bongkar muat barang dari dan ke kapal melalui dermaga gudang dan lapangan penumpukan di pelabuhan. Untuk menghadapi globalisasi dunia saat ini dibutuhkan sarana penunjang maupun prasarana dibidang angkutan laut yang terdiri dari kapal cargo dan gudang penumpukannya. Setelah dilihat dari perkembangan media dewasa ini muatan general cargo adalah sebagai salah satu penunjang perekonomian di sektor pelabuhan. Dan saat ini arus kapal general cargo mengalami peningkatan. Dari latar belakang masalah tersebut maka perlu adanya sarana dan prasarana untuk meningkatkan efisiensi di dalam perdagangan terutama jalur transportasi laut, sehingga dibutuhkan profesionalisme di dalam penanganan jasa angkutan laut khususnya muatan general cargo.

5. RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang di atas, maka penyusun dapat merumuskan permasalahan : “Bagaimana Aktivitas Bongkar Muat General Cargo Oleh Perusahaan Bongkar Muat PT. X di Pelabuhan Kariangau Balikpapan?”

6. TUJUAN PENYUSUNAN LAPORAN PRAKTEK KERJA
6.1 Tujuan Akademik
Merupakan suatu persyaratan kelulusan program studi Diploma III Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga.
6.2 Tujuan Ilmiah
Untuk membandingkan antara teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan dalam hal bongkar muat general cargo dan juga untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama berada di bangku kuliah.
6.3 Tujuan Umum
Untuk memberikan sumbangan pemikiran kepada pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan bongkar muat general cargo agar diperoleh informasi dan dapat mengatasi masalah-masalah yang timbul dalam kegiatan bongkar muat general cargo tersebut.

7. MANFAAT PENYUSUNAN LAPORAN PRAKTEK KERJA
7.1 Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan
7.1.1 Dapat menambah pengetahuan dibidang kemaritiman khususnya dalam hal aktivitas bongkar muat general cargo dari dan ke kapal.
7.1.2 Dapat memberikan gambaran yang lebih luas pada masyarakat dalam hal bongkar muat general cargo.
7.2 Bagi Pembangunan
7.2.1 Mampu memberikan sumbangan pemikiran dan apa yang diperoleh selama pendidikan di lapangan praktek kerja sesuai dengan keahlian akademik.
7.2.2 Mampu memberikan jawaban atas segala permasalahan yang terjadi sehingga dapat berfungsi untuk bangsa dan Negara.
7.2.3 Diharapkan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat tentang keunggulan muatan general cargo bagi dunia usaha.
7.3 Bagi Penyusun
7.3.1 Penyusun dapat terjun langsung dalam dunia kerja di lapangan nanti.
7.3.2 Memberi tambahan ilmu pengetahuan bagi penyusun dalam hal proses bongkar muat general cargo dalam suatu pelabuhan.
7.3.3 Langkah awal dan pengalaman sebelum memasuki dunia kerja.

8. TINJAUAN TEORITIS
General cargo adalah muatan yang dimuat disuatu kapal dalam jenis dan bentuk pembungkus yang bermacam-macam seperti peti-peti sabun, drum-drum, minyak kalengan, besi beton, gula dalam karung, tepung terigu, bahan kimia termsuk barang-barang bahaya dan lain-lain. (Subandi, 1998 : 68)
Menurut keputusan Menteri Perhubungan No. KM 14 Tahun 2002 yang dimaksud dengan perusahaan bongkar muat yaitu Badan Hukum Indonesia yang khusus didirikan untuk menyelenggarakan dan mengusahakan kegiatan bongkar muat barang dari dan ke kapal. (Suyono, 2005 : 305)
8.1 Tanggung Jawab Perusahaan Bongkar Muat
Dalam melakukan pelayanan, perusahaan bongkar muat harus bekerja sama dengan berbagai pihak seperti PT. Pelabuhan Indonesia, Perusahaan Pelayaran, EMKL, pemilik barang, penyedia tenaga buruh dan sebagainya. Masing-masing pihak memiliki tugas dan tanggung jawab. Sedangkan tanggung jawab dari perusahaan bongkar muat adalah :
8.1.1 Kelancaran kegiatan bongkar muat,
8.1.2 Keselamatan penerimaan dan penyerahan barang,
8.1.3 Kebenaran laporan yang disampaikan
8.1.4 Mengatur penggunaan tenaga kerja bongkar muat dan peralatan sesuai kebutuhan.
8.2 Azas-azas Pemadatan
Pada prinsipnya pemadatan atau pemuatan ini meliputi berbagai factor yang perlu diperhatikan, yaitu : (H. Banu Santoso, 1998 : 65-66)
8.2.1 Melindungi kapal (to protect the ship)
8.2.2 Melindungi muatan (to protect the cargo)
8.2.3 Keselamatan buruh dan ABK (safety of crew and longshoreman)
8.2.4 Melaksanakan pemadatan muatan secara sistematis (to obtain rapid systematic loading and discharging)
8.2.5 Memenuhi ruangan muatan sepenuh mungkin sesuai dengan daya tampungnya (to obtain the maximum use available cuble of the ship).
8.3 Pembagian Jenis Muatan
Sesuai dengan sifat fisiknya, bila muatan diangkut dengan kapal maka dalam pemadatan muatan di palka (untuk beberapa jenis muatan) harus dipisah agar tidak berada dalam satu ruangan yang tertutup. Sebagai contoh, kopra dapat berkeringat di dalam perjalanan dan mempunyai kutu-kutu yang dapat merusak tembakau sehingga kopra dapat dikategorikan sebagai jenis muatan yang kotor dan berbau. Semen termasuk muatan kotor karena akan mencemarkan atau mengotorkan muatan lain. Sebaliknya, televisi atau barang elektronika dalam kardus merupakan muatan yang bersih. Bensin dan mesiu merupakan muatan berbahaya karena setiap waktu dapat terbakar atau meledak.
Untuk mudah membedakannya, secara umum muatan general cargo yang dibungkus oleh peti-peti sabun, drum-drum, minyak kalengan, gula dalam karung, semen dalam sak serta besi beton dapat dibagi menjadi : (Subandi, 1998 : 4-6)
8.3.1 Muatan Kering
Yang termasuk muatan kering antara lain : tepung, beras, bahan-bahan pangan kering, kertas, rokok dalam bungkusan dan sebagainya, yang pada umumnya tidak dapat merusak jenis barang lain.
8.3.2 Muatan Basah
Muatan basah adalah muatan (barang) yang berbentuk cairan. Muatan jenis ini pada umumnya dapat merusak jenis barang lain. Contohnya : minyak dalm drum dan gas cair yang dimasukkan ke dalam tangki.
8.3.3 Muatan Bersih
Pada umumnya muatan bersih tidak merusak jenis barang lain dan tidak menimbulkan sisa di tempat yang ditinggalkannya. Muatan bersih antara lain sandang, benang tenun, perkakas rumah tangga, barang-barang kelontong yang terbungkus dalam kotak atau peti-peti.
8.3.4 Muatan Kotor
Muatan kotor/berdebu antara lain : semen dalam kantong atau pembungkus lainnya. Muatan ini umumnya menimbulkan debu yang dapat merusak jenis barang lain, terutama muatan bersih.
8.3.5 Muatan Berbau
Pada umumnya barang ini dapat merusak atau mengakibatkan jenis barang lain berbau. Yang termasuk muatan berbau antara lain : minyak tanah, terpentin, ammonia, minyak gemuk, keju, ikan asin dan sebagainya yang terbungkus oleh drum-drum atau kotak.
8.4 Jenis Muatan Umum Dengan Sifat Khusus
Jenis muatan barang general cargo atau muatan umum memiliki sifat khusus dari jenis masing-masing barang. Jenis muatan umum dengan sifat khusus antara lain :                   (Suyono, 2005 : 372-373)
8.4.1 Cement (semen)
Dimuat dalam karung kertas, berdebu dan harus tetap kering.
8.4.2 Flour (tepung)
Muatan tepung mudah tercemar. Harus selalu kering dan dipisah muatannya dengan muatan berbau.
8.4.3 Iron and steel (besi baja)
Pig iron, steel billets, round bars, pipers adalah muatan yang mudah bergeser dan berpindah bila tidak diikat (lashing) dengan baik.
8.4.4 Rice (beras)
Muatan yang banyak mengandung air karena itu dapat berkeringat. Untuk menghindari ini biasanya diberikan pipa-pipa kayu berlubang untuk ventilasi dalam perjalanan. Lapisan beras paling atas diberi lapisan penutup terpal untuk menghindari agar keringat yang timbul pada ruangan penutup atas dari palka tidak jatuh pada beras yang ada. Juga agar karung beras tidak bersentuhan dengan bagian besi kapal karena itu diperlukan tikar dan dunnage yang cukup.
8.4.5 Muatan Kaleng
Dimuat dibagian atas dari muatan lainnya untuk menghindari agar kaleng-kaleng tidak tergencet.
8.5 Penyusunan Muatan Dalam Kapal
Berdasarkan stowage plan, para stevedore, petugas yang mengawasi bongkar/muat di kapal harus mengetahui cara menyusun muatan di dalam palka secara baik sehingga dalam pemuatan maupun pembongkaran kapal tidak akan ada kerancuan. Penyusunan muatan yang dikemukakan disini adalah pemadatan di ruangan kapal barang pada umumnya.
Beberapa contoh penempatan/penyusunan muatan general cargo adalah :
(Suyono, 2005 : 354-355)
8.5.1 Muatan dalam kardus dan peti kayu
Geladak kapal diberi dunnage dahulu. Tumpukan dari muatan jangan terlalu tinggi. Pada peti-peti yang terbuat dari kardus sering dinyatakan tinggi susunan yang diperbolehkan. Untuk peti-peti kayu juga harus dilihat kekuatannya. Merek-merek dari satu partai ditempatkan berdekatan dan mudah dilihat. Berikan separation yang diikat baik. Lubang-lubang diantara susunan diberi dunnage agar tidak bergerak. Bila perlu muatan diikat (lashing) agar tidak bergerak. Bila memungkinkan, muatan berat ditempatkan di hatch-square agar lebih mudah mengeluarkannya.
8.5.2 Muatan dalam karung
Dek dalam palka dilapisi dengan separation  berupa tikar. Selain itu, selang beberapa susunan karung diberi lapisan permukaan dari kayu yang selain untuk separation juga untuk menjaga agar susunan karung tetap tegak. Karung-karung yang berisi bahan makanan jangan dicampur dengan karung-karung berisi bahan kimia. Sebaiknya salah satu jenis muatan dipisah dengan palka yang lain.
8.5.3 Semen dalam kantong
Dek-dek harus diberi alas yang merupakan campuran antara papan kayu dan alas kertas atau sasak. Susunan dalam palka harus rata dan jangan ditumpuk terlalu tinggi. Beri alas kayu di antara tumpukan-tumpukan susunan semen. Juga jaga jangan sampai semen masuk dalam got palka terutama di tempat penghisapan air got. Oleh karena itu, penutup got harus diberi lapisan separasi.
8.5.4 Drum dan tong
Dek harus dilapisi dengan dunnage berupa papan kayu. Drum-drum sebaiknya disusun tegak dengan lubang isi berada di atas. Drum disusun sejajar dan/atau drum yang satu diletakkan di atas drum yang lainnya dengan pembatas dari kayu atau papan.
8.5.5 Muatan dek
Muatan dek adalah muatan yang karena sifat atau bentuknya, maka lebih baik ditempatkan di atas dek bila diangkut dengan kapal. Muatan yang termasuk didalamnya adalah muatan berbahaya atau barang-barang besar, seperti mesin-mesin dan ketel. Muatan dek biasanya dilapisi/dilindungi kayu7. Pemuatan harus dilaksanakan dengan seksama dan hati-hati. Barang-barang harus diikat (lashing) agar tidak bergerak dan bila perlu ditutup dengan rapat.
8.6 Operasi Bongkar Muat
Dalam pengoperasian bongkar/muat barang general cargo dari dan ke kapal mempunyai tahap-tahap atau prosedur dan dibutuhkan alat-alat yang khusus dan aman dalam setiap tahap kegiatan bongkar/muat barang. Di setiap tahap kegiatan bongkar/muat juga mempunyai petugas yang bertanggung jawab dan mengkoordinir kegiatan tertentu serta bekerja sama dengan pihak-pihak yang terkait.
8.6.1 Stevedoring
Stevedoring bongkar adalah jasa pembongkaran dari kapal ke dermaga, tongkang, gudang, truk atau lapangan dengan menggunakan derek kapal atau alat bantu pembongkaran lainnya. Sedangkan Stevedoring muat adalah jasa pemuatan dari dermaga, tongkang, gudang, truk ke kapal. Orang yang bertugas mengurus bongkar muat kapal disebut sebagai stevedore. Stevedore yang bertugas di atas kapal disebut sebagai stevedore kapal, sedangkan stevedore yang bertugas di darat disebut sebagai quay supervisor. Dalam melaksanakan tugasnya, stevedore harus bekerja sama dengan berbagai pihak seperti PT. Pelabuhan Indonesia, Perusahaan Pelayaran, EMKL, forwarder, pemilik barang, TKBM dan lainnya. Seorang stevedore umumnya adalah orang yang pernah bertugas di atas kapal dan berdinas sebagai perwira atau seorang yang biasa menangani buruh karena stevedore akan mengkoordinir pekerjaan dan buruh TKBM melalui mandor atau kepala regu kerja (KRK). Dalam bekerja stevedore dibantu oleh foreman. Koordinasi kegiatan stevedoring atau terminal operator.
8.6.2 Cargodoring
Cargodoring atau quay-transfer adalah pemindahan barang setelah dibongkar dari kapal di dermaga ke gudang atau tempat penumpukan. Kegiatan ini dilakukan dengan bantuan gerobak dorong dan peralatan mekanis berupa forklift. Dalam praktek, forklift adalah alat yang paling banyak digunakan.
8.6.2.1 Faktor penentu cargodoring
Dalam pelaksanaan, produktivitas quay-transfer dipengaruhi oleh 3 variabel, yakni jarak tempuh, kecepatan kendaraan dan waktu tidak aktif.
a.       Jarak yang ditempuh
Apabila jarak tempuh antara dermaga dengan gudang atau area penumpukan cukup jauh maka akan memperlambat proses cargodoring. Sebaliknya, jika jarak tempuh antara dermaga dengan gudang atau area penumpukan pendek maka proses cargodoring ini menjadi lebih cepat.
b.      Kecepatan kendaraan
Kecepatan kendaraan pengangkut dari dermaga ke gudang atau area penumpukan sangat mempengaruhi proses cargodoring. Pergerakan forklift dari titik pengambilan ke tempat penurunan muatan dan kembali lagi ke tempat pengambilan disebut sebagai transfer-cycle. Ukuran transfer-cycle adalah waktu. Bila transfer-cycle lebih singkat, tentunya pembongkaran atau pemuatan kapal akan lebih cepat dan untuk hal ini tergantung dari kerja sama antara kapal, dermaga dan pergudangan. Untuk kecepatan kendaraan akan dipengaruhi oleh daya angkat dari forklift, jenis muatan dan keterampilan pengemudi serta ruang gerak di dermaga dan tempat penumpukan.
c.       Waktu tidak aktif (immobilisasi)
Waktu tidak aktif adalah waktu ketika tidak ada kegiatan pengangkutan. Jika waktu tidak aktif ini tinggi maka tentu saja akan mengurangi produktivitas kegiatan cargodoring. Salah satu yang paling berpengaruh adalah down time, yaitu tidak aktifnya kegiatan akibat tidak tersedianya atau kekurangan forklift pada saat dibutuhkan. Down time selain karena kurang atau tidak adanya forklift juga bisa akibat dari kurangnya peralatan lain, seperti gerobak, truk pengangkut atau tempat penumpukan yang penuh atau kapal hampir kosong. Salah satu faktor yang sangat menentukan munculnya waktu tidak aktif adalah kesalahan perhitungan jumlah forklift yang digunakan. Untuk menentukan jumlah forklift perlu diperhitungkan :
1)      Jumlah, jenis dan banyaknya muatan.
2)      Jumlah tenaga kerja.
3)      Utilisasi dan ketersediaan
4)      Perawatan alat yang ada dan kemungkinan sewa.
8.6.2.2 Pemanfaatan alat cargodoring
Agar aktivitas cargodoring bisa berjalan produktif dan efisien, peralatan harus dimanfaatkan dengan baik. Agar down time rendah maka perlu pemeliharaan peralatan dilaksanakan dengan baik dan secara teratur. Peralatan yang dioperasikan secara ceroboh serta perawatan yang kurang baik akan mengakibatkan kurang atau tidak tersedianya peralatan bila diperlukan. Pemanfaatan perlu mengikuti manual dari pabrik pembuat dan dilakukan penggantian minyak secara teratur.
Bila dilakukan dengan forklift maka aktivitas pekerjaan cargodoring adalah sebagai berikut :
a.       Muatan diambil oleh forklift dari tempat pembongkaran di sisi kapal di dermaga setelah dari sling kapal.
b.      Muatan dipindah dari dermaga ke area penumpukan dengan bantuan  forklift.
c.       Forklift menyusun dan menumpuk barang di tempat area penumpukan.
d.      Forklift kembali ke sisi dermaga untuk mengambil muatan.
8.6.3 Receiving/Delivery Operation
8.6.3.1 Pengertian receiving/delivery operation
Operasi penerimaan/penyerahan muatan merupakan kegiatan menerima atau menyerahkan barang dari dan ke wilayah pelabuhan. (Suyono, 2005 : 322)
8.6.3.2 Kegiatan receiving/delivery
Kegiatan receiving/delivery pada dasarnya ada 2 macam, yaitu pola angkutan langsung dan tidak langsung. (Suyono, 2005 : 323-334)
a.       Pola angkutan langsung
Pola angkutan langsung adalah pembongkaran/pemuatan dari kendaraan darat langsung dari dan ke kapal. Pada pola angkutan langsung, kegiatan receiving/delivery dilakukan dengan cara :
1)      Kendaraan/alat angkut langsung ditempatkan di posisi sebelah lambung kapal pada palka dimana bongkar/muat dilakukan dibawah ganco kapal yang bekerja.
2)      Muatan dimasukkan dalam palka atau diturunkan dari palka dengan ganco kapal dari atau ke truk/tongkang.
3)      Penyelesaian dokumen.
Data yang diperlukan pada pola angkutan langsung adalah :
1)      Jumlah barang yang akan dibongkar/dimuat.
2)      Kecepatan rata-rata bongkar/muat.
3)      Waktu mulai dan selesainya pembongkaran/pemuatan.
4)      Jenis dan kapasitas kendaraan pengangkut yang digunakan.
5)      Jumlah kendaraan yang diperlukan.
6)      Bila jumlah kendaraan terbatas, jauh atau dekatnya tempat membongkar/memuat barang dari/ke kapal (gudang penampung).
b.      Pola angkutan tidak langsung
Penerimaan atau penyerahan tidak langsung adalah penyerahan/penerimaan barang setelah melewati gudang atau lapangan penampungan. Pada angkutan tidak langsung, kegiatan receiving/delivery dilakukan dengan cara :
1)      Penempatan alat angkut di sebelah gudang/pintu darat.
2)      Pemindahan muatan atau penurunan muatan dari/ke gudang atau tempat penumpukan.
3)      Penyelesaian dokumen.
Langkah-langkah yang harus diambil agar barang-barang impor cepat keluar dari daerah pelabuhan adalah :
1)      Informasi kepada pemilik barang bahwa barang telah dibongkar dari kapal dan juga batasan dari masa bebas penumpukan (free storage).
2)      Waktu yang tepat untuk pengeluaran barang.
Terlambatnya operasi received/delivery dapat terjadi disebabkan :
1)      Cuaca buruk/hujan waktu bongkar/muat dari kapal.
2)      Terlambatnya angkutan darat atau tongkang atau terlambatnya dokumen.
3)      Terlambatnya informasi atau alur (flow) dari barang.
4)      Perubahan dari loading point.
8.7 Tenaga Kerja Bongkar Muat
Agar aktivitas bongkar/muat barang general cargo berjalan efektif dan efisien, dibutuhkan tenaga kerja yang memiliki keahlian khusus dalam proses bongkar/muat barang di bidangnya masing-masing.
8.7.1 Kriteria Tenaga Kerja Bongkar muat
Tenaga kerja bongkar muat yang dibutuhkan dalam proses bongkar muat general cargo adalah tenaga kerja yang memiliki kriteria sebagai berikut : (Karel Lawalata, Herman A, 1990 : 13)
8.7.1.1 Tenaga kerja yang memiliki pengalaman dan keahlian tentang bidangnya masing-masing.
8.7.1.2 Tenaga kerja yang disiplin.
8.7.1.3 Tenaga kerja yang teliti dan hati-hati dalam melaksanakan tugasnya.
8.7.2 Tenaga Kerja yang Terlibat
Organisasi PBM yang lengkap akan terdiri dari bagian stevedoring dan bagian pergudangan yang dipimpin dan dikoordinasi oleh seorang kepala. Karena kepala ini menguasai terminal bongkar muat, dermaga, gudang serta lapangan penumpukan maka disebut ia sebagai kepala terminal. Dalam menjalankan tugasnya, operator terminal akan dibantu oleh kepala stevedoring dan pergudangan serta staf administrasi yang akan membukukan semua kegiatan yang ada di dalam terminal. Dalam kegiatan bongkar muat, tenaga kerja yang terlibat adalah sebagai berikut : (Suyono, 2005 : 339)
8.7.2.1 Terminal
Tenaga kerja yang bertugas di lokasi terminal antara lain :
a.       Operator terminal
b.      Pergudangan.
c.       Peralatan.
d.      Administrasi.
e.       Kepala gudang.
f.       Administrasi gudang.
g.      Checker.
h.      Kerani.
8.7.2.2 Bongkar/Muat
Tenaga kerja yang bertugas pada saat kegiatan bongkar/muat antara lain :
a.       Stevedoring.
b.      Operasi.
c.       Analisis perencanaan.
d.      Klaim
e.       Stevedore
f.       Foreman.
g.      Pengawas buruh.
8.7.2.3 Peralatan
Di bagian peralatan, tenaga kerja yang bertugas dan bertanggung jawab antara lain :
a.       Kasap peralatan
b.      Pengemudi forklift.
c.       Pengawas forklift.
d.      Montir.
8.8 Peralatan Bongkar Muat
Peralatan bongkar muat adalah alat-alat pokok penunjang pekerjaan bongkar muat yang meliputi : (Radiks Purba, 1981 : 84-85)
8.8.1 Derek/Crane
Digunakan untuk mengangkat barang-barang dari kapal ke atas dermaga (kade) serta dari kapal ke dalam perahu (lighters) dan sebaliknya.
8.8.2 Forklift
Digunakan untuk mengangkat barang-barang dan biasanya dipergunakan di dalam gudang.
8.8.3 Head Truck
Digunakan untuk mengangkut barang-barang hasil bongkar/muat, head truck ini biasanya ditempatkan di dermaga sisi lambung kapal agar lebih cepat dalam pemuatan/pembongkaran.
8.8.4 Tali Rami Manila (Rope Net)
Digunakan untuk menyusun muatan general cargo yaitu berupa barang dalam karung untuk kemudian dikaitkan pada tackle Derek kapal.
8.8.5 Sling Baja (Wire Sling)
Digunakan untuk mengangkat muatan general cargo yang berat atau mengangkat barang yang telah disusun pada pallet, biasanya digunakan untuk muatan jenis semen dalam kantong.
8.8.6 Jala-jala Lambung Kapal
Jala-jala ini dipasang diantara sebelah sisi lambung kapal dan di dermaga. Digunakan sebagai pelindung terhadap muatan agar tidak masuk ke dalam laut pada saat pemuatan/pembongkaran berlangsung.
8.8.7 Pallet
Digunakan sebagai tempat menyusun muatan yang akan dibongkar/muat dari dalam palka dan dikaitkan pada pengait crane dengan menggunakan tali baja (wire sling). Pallet ini biasanya digunakan untuk penanganan muatan jenis semen.
8.9 Dokumen Bongkar Muat Barang
8.9.1 Bill Of Lading
Bill of Lading disebut juga sebagai konosemen, bagi pengangkat merupakan kontrak pengangkutan sekaligus sebagai bukti tanda terima barang. Bill of Lading juga merupakan tanda hak milik yang memungkinkan barang bias ditransfer dari shipper ke consignee atau dipindahtangankan ke pihak ketiga.
8.9.2 Tally Sheet
Untuk semua barang yang dimuat/dibongkar dicatat dalam tally sheet.
8.9.3 Stowage Plan
Stowage plan adalah gambar tata letak dan susunan semua barang yang telah dimuat di atas kapal.
8.9.4 Manifest
Manifest adalah keterangan rinci mengenai brang-barang yang diangkut oleh kapal. (Suyono, 2005 : 334-335)
8.9.5 Time Sheet
Time sheet adalah dokumen untuk menghitung jumlah waktu efektif kegiatan bongkar/muat, untuk pertanggungjawaban kepada owner/pencarter.
8.9.6 Statement of Fact
Statement of fact berisikan semua kejadian bongkar/muat dari awal sampai selesai, untuk pertanggungjawaban kepada kapal/pelayaran.
8.9.7 Daily Report
Daily report adalah laporan hasil bngkar/muat setiap harinya dibuat atas dasar Tally Sheet.
8.9.8 Berita Acara Serah Terima Barang
Berita acaraserah terima barang dibuat setelah pekerjaan pembongkaran, pemuatan, pemasukan, pengeluaran selesai untuk pertanggungjawaban kepada kapal. (Banu Santoso, 1998 : 93-94)
8.9.9 Delivery Order (D/O)
Delivery order adalah surat penyerahan muatan.
8.9.10 Notice of Readiness (NOR)
Notice of Readiness adalah surat pemberitahuan dari Nakhoda kepada penyewa kapal, menyatakan bahwa kapal siap memulai bongkar/muat. (Sudjatmiko, 1979 : 227)

9. METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi penelitian dibutuhkan sebagai pembekalan pengetahuan tentang arti dari penelitian, langkah-langkah penelitian serta konseptualisasi penelitian dalam praktek kerja lapangan. Metodologi penelitian juga membantu penyusun untuk memiliki keterampilan dalam melakukan penelitian di tempat praktek kerja dan dalam penyusunan laporan praktek kerja dengan memperhatikan etika-etika yang ada, seperti :
9.1 Data Yang Diperlukan
9.1.1 Gambaran Umum Pelabuhan Kariangau Balikpapan
9.1.1.1 Sejarah singkat Pelabuhan Kariangau Balikpapan
9.1.1.2 Letak astronomis dan geografis Pelabuhan Kariangau Balikpapan
9.1.1.3 Fasilitas yang dimiliki Pelabuhan Kariangau Balikpapan
9.1.1.4 Struktur organisasi Pelabuhan Kariangau Balikpapan
9.1.2 Gambaran umum Perusahaan Bongkar/Muat
9.1.2.1 Sejarah singkat Perusahaan Bongkar/Muat
9.1.2.2 Fasilitas yang dimiliki Perusahaan Bongkar/Muat
9.1.2.3 Struktur organisasi Perusahaan Bongkar/Muat
9.1.2.4 Aktivitas Bongkar/Muat yang dilaksanakan Perusahaan Bongkar Muat
9.1.3 Dokumen-dokumen yang diperlukan dalam pelaksanaan bongkar/muat.
9.1.4 Data lain yang relevan.
9.2 Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data yang diperlukan selama waktu pelaksanaan praktek kerja, Penyusun merencanakan metode pengumpulan data sebagai berikut :
9.2.1 Metode Observasi (pengamatan)
Yaitu cara memperoleh data yang secara langsung mengadakan pengamatan terhadap suatau terhadap suatu objek sambil mengamati, mencatat apa yang telah diamati dengan sejelas-jelasnya. (Cholid Narbuko dan Abu Achmadi, 2005 : 70)
9.2.2 Metode Interview (wawancara)
Yaitu proses tanya jawab dalam penelitian yang berlangsung secara lisan dimana dua orang atau lebih bertatap muka mendengarkan secara langsung informasi-informasi atau keterangan-keterangan. (Cholid Narbuko dan Abu Achmadi, 2005 : 83)
9.2.3 Metode Dokumentasi
Yaitu data yang diperoleh dari orang lain atau dari suatu lembaga yang relevan, yang mana data tersebut merupakan data yang sudah jadi. (Subana dan Sudrajat, 1996)
9.3 Cara Menganalisa Data
Adapun cara menganalisa data dalam kegiatan praktek kerja untuk penyusunan laporan praktek kerja nantinya, Penyusun merencanakan menggunakan analisa antara lain :
9.3.1 Analisa Deskriftif
Analisa deskrptif adalah metode analisa data yang diperlukan untuk memperoleh gambaran yang jelas dan dapat dipercaya tentang suatu persoalan yang sedang diamati. (Subana dan Sudrajat, 1996)
9.3.2 Analisa Eksplanatoris
Analisa yang memperdalam pengetahuan mengenai permasalahan-permasalahan atau mendapat ide-ide baru dengan maksud untuk merumuskan masalah secara lebih teliti. (Sutrisno Hadi, 1999 : 18)

10. RENCANA SISTEMATIKA LAPORAN PRAKTEK KERJA
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERSETUJUAN
HALAMAN PENGESAHAN
HALAMAN MOTTO
HALAMAN PERSEMBAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
BAB I             PENDAHULUAN
                        1.1 Penegasan Arti Judul
                        1.2 Alasan Pemilihan Judul
                        1.3 Latar Belakang Masalah
                        1.4 Rumusan Masalah
                        1.5 Tujuan Penyusunan Laporan
                        1.6 Manfaat Penyusunan Laporan
                        1.7 Tinjauan Teoritis
                        1.8 Metodologi
BAB II GAMBARAN UMUM
                        2.1 Gambaran Umum Pelabuhan Kariangau Balikpapan
                                    2.1.1 Sejarah Singkat
                                     2.1.2 Letak Geografis
                                      2.1.3 Fasilitas-fasilitas yang Dimiliki
                        2.2 Gambaran Umum Perusahaan Bongkar Muat PT. “X”
                                       2.2.1 Sejarah Singkat
                                       2.2.2 Struktur Organisasi
                                       2.2.3 Fasilitas-fasilitas yang Dimiliki
BAB III PEMBAHASAN
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN



DAFTAR PUSTAKA

Anton M. Moeliono, 1990, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka Indonesia       Jakarta.

Banu Santoso H., 1998, Port Terminal Operation, Edisi 2, P3M AMNI,
            Semarang.

Cholid Narbuko, Abu Achmadi, 2005, Metodologi Penelitian, Aksara Baru,
            Jakarta.

Herry Gianto, Drs., M.Sc., Arso Martopo, Capt., 1990, Pengoperasian Pelabuhan Laut,
            BPLP Semarang, Semarang.

Radiks Purba, 1981, Angkutan Muatan Laut, Edisi 2, Bhratara Karya Aksara, Jakarta.
Subandi, 1998, Kamus Perkapalan dan Bisnis, Edisi 4, Arcan, Jakarta.
Sudjatmiko F.D.C., Drs., 1979, Pokok-pokok Pelayaran Niaga, Edisi 3, Cendana Press,
            Jakarta.

Subana dan Sudrajat, 1996, Dasar-dasar Penelitian Ilmiah, CV Pustaka Setia,
            Bandung.

Sutrisno Hadi, 1999, Bimbingan Menulis Skripsi Thesis, Liberti, Yogyakarta.
Suyono R.P. Capt., 2005, SHIPPING Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor
            Melalui Laut
, Edisi 3, PPM, Jakarta.

 

1 comment: